Tema 4 Keluargaku Subtema 2 Kegiatan Keluargaku
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 4 Keluargaku
Subtema 2 Kegiatan Keluargaku
Anggota keluarga memiliki kegiatan yang berbeda
Setiap hari ayah pergi ke kantor
Anak-anak pergi ke sekolah
Ibu menyiapkan makanan untuk keluarga
Semua anggota keluarga saling membantu
Pekerjaan pun jadi lebih ringan
Hari/Tanggal : Senin, 21 Oktober 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks dan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
2. Dengan menyusun percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3. Dengan pembuatan poster, siswa mampu menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan orang tua di rumah berupa aturan makan dengan tepat.
4. Dengan menyimak contoh yang diperagakan guru, siswa dapat mensimulasikan kegiatan mencium tangan orang tua pada saat berangkat dan pulang sekolah dengan santun.
5. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan tepat.
6. Melalui praktik langsung, siswa mampu memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian dengan percaya diri.
Materi Pembelajaran :
1. Membaca nyaring teks
2. Makan pagi bersama keluarga.
3. Menuliskan kegiatan makan pagi bersama dengan melengkapi bagian kalimat yang kosong dengan menggunakan kata bantu yang tersedia.
4. Membaca nyaring teks Peraturan makan.
5. Mensimulasikan ungkapan terima kasih dan tolong.
6. Memeragakan cara berpamitan pergi ke sekolah dan pulang sekolah, serta mencium tangan orang tua.
7. Membaca dengan nyaring teks Rekreasi bersama keluarga.
8. Memeragakan gerak anggota tubuh menirukan gerak ayam dalam suatu tarian
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Makan Pagi Bersama Keluarga
Ibu Siti menyiapkan makan pagi
Siti membantu ibu menyiapkan makan pagi
Siti makan pagi bersama keluarga
Makan pagi bersama keluarga sangat menyenangkan
Siti dan keluarga bersyukur kepada Tuhan
Ayo Menulis
Tuliskan kegiatan makan pagi bersama keluargamu
Pagi ini aku makan ……………………
Aku minum…………………….
Aku makan pagi bersama …………………..
Perasaanku……………..
Bacalah dengan nyaring
Aturan Makan di Rumah
Duduk dengan tertib
Membaca doa sebelum makan
Makan secukupnya
Mengucapkan syukur setelah makan
Membantu Ibu merapikan meja
Aturan
Ada aturan saat makan
Ada aturan saat berangkat sekolah
Kita harus ikut aturan
Aturan membuat hidup nyaman
Lengkapi bacaan berikut, pilihlah kata yang tepat kemudian baca dengan nyaring
Berpamitan Doa Membantu
Merapikan Salam Rumah
1. Aku …………… ibu membereskan meja makan
2. Ibu……………. Piring di meja makan sebelum berangkat sekolah
3. Aku ……………….. pada orang tua
4. Aku mohon ……………. Agar selamat
5. Pukul 10 aku sampai di………………..
6. Aku mengucapkan …………………
Perhatikan percakapan bela dan ibu
Bela : ibu bolehkah bela membantu membawa piring kotor
Ibu : boleh bela, ibu senang bela membantu ibu
Bela : kata bu guru anak harus membantu orang tua
Ibu : kamu anak baik bela, tolong semua piring letakkan di dapur ya
Bela : iya bu bela akan bawa piring ke dapur
Ibu : terima kasih bela telah membantu ibu
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Berangkat Sekolah
Setelah membantu ibu dan ayah
Siti beranngkat ke sekolah
Siti berpamitan kepada ibu dan ayah
Siti mencium tangan ibu dan ayah
Siti pulang dari sekolah
Tiba di rumah, Siti mengucapkan salam
Ibu menjawab salam Siti
Siti mencium tangan Ibu
Rekreasi Bersama Keluarga
Siti, Ayah dan Ibu berekreasi
Mereka pergi ke rumah bibi di desa
Siti melihat pemandangan yang indah
Sawah dan kebun yang luas
Air sungai bersih dan jernih
Di sekitar rumah penduduk terlihat hewan peliharaan
Ada sapi, kerbau, kambing dan ayam
Siti melihat gerakan ayam
Gerakannya lucu sekali
Ayo Mengamati
Amati gerakan ayam
Ayo diskusikan dengan temanmu
Buatlah gerakan menirukan ayam dalam bentuk tarian
Hari/Tanggal: Selasa, 22 Oktober 2019
Pembelajaran : 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan keluarga dengan benar.
2. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.
3. Dengan melakukan simulasi percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong dan terima kasih dengan santun.
Materi Pembelajaran :
1. Menyimak cerita guru tentang kegiatan olah raga keluarga Udin.
2. Menceritakan kegiatan olah raga yang dilakukan keluarga masing-masing.
3. Berlatih melengkapi percakapan dengan menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Beni berolahraga dengan ayah dan ibu
Mereka berlari di taman dekat rumah
Beni sedang berolahraga bersama keluarga
Olahraga membuat badan sehat
Ayo Mengamati
Dengarkan guru membaca teks berikut
Rumah Tempat Berkumpul
Kita tinggal di rumah
Rumah tempat berlindung
Berlindung dari hujan dan panas
Di rumah kita kerkumpul dengan keluarga
Di rumah kita melakukan banyak kegiatan
Di rumah harus hidup rukun
Hidup rukun itu tidak bertengkar
Ayo Menjawab
1. Siapa saja yang tinggal di rumah?
2. Apa sajakah kegiatanmu di rumah?
3. Mengapa harus hidup rukun di rumah?
4. Apa sajakah ruangan yang ada di rumahmu?
5. Apakah rumahmu bersih?
Ayo Bermain Peran
Lengkapilah percakapan berikut dengan kata tolong atau terima kasih
Udin : Edo, …………….. rapikan kursi. Aku rapikan meja.
Edo : Baik Udin
Udin : ………………………. Edo
Edo : Sama- sama Udin
Edo : Udin…………… bersihkan papan tulis
Udin : Baik Edo
Edo : …………….. Udin. Aku rapikan buku di meja guru
Udin : Sama-sama Edo.
Hari/Tanggal : Rabu, 23 Oktober 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan orang tua di rumah dengan tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa mampu menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
3. Dengan mempraktikkan percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dan percaya diri.
4. Dengan menyimak teks dan bercerita, siswa mampu mempraktikkan cara meminta izin orang tua jika hendak bermain di luar rumah dengan benar.
Materi Pembelajaran :
1. Membaca nyaring teks Memasak bersama keluarga.
2. Simulasi percakapan menggunakan kata tolong dan terima kasih.
3. Simulasi meminta izin ketika hendak bermain ke luar rumah.
4. Menceritakan pengalaman meminta izin ketika hendak bermain ke luar rumah.
MATERI
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Dayu senang membantu ayah dan ibu di rumah
Dayu membantu ibu menyapu halaman
Setiap hari libur, Dayu juga membantu memasak
Memasak Bersama Keluarga
Hari minggu pagi Dayu membantu ibu memasak
Ibu memasak sayur sop
Ibu mengambil 6 wortel dan 4 kentang
Ayah menyiapkan buah
Ada 10 apel dan 8 pisang
Dayu membantu ibu dan ayah
Dayu senang belajar memasak
Dayu senang melakukan kegiatan bersama orang tua
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Bermain dengan Kakak
Kak hadi punya mainan
Bela punya mainan
Kak hadi dan bela bermain bersama
Saat bermain mereka rukun
Kata ayah dan ibu adik kakak harus rukun
Ayah dan ibu sedih kalau anak tidak rukun
Ayo Menulis
Lengkapilah percakapan berikut dengan kata tolong dan terima kasih
1. Selesai Bermain
Kak hadi minta bela membantu merapikan mainan
Kak Hadi : bela …………… bereskan mainanmu,
kak Hadi akan membereskan mainan kak hadi
Bela : baik kak hadi, bela akan bereskan mainan bela
Kak Hadi : ……………….. adikku sayang
Bela : sama sama kak hadi
2. Ayah mau ke pasar
Ibu minta tolong ayah membelikan buah apel dan rambutan
Ayah : bu ayah mau ke pasar, …………… ibu beri makan ikan
Ibu : baik ayah ibu segera beri makan ikan
Ayah : …………… bu
Ibu : ayah …………. Belikan rambutan dan apel
Ayah : baik bu, nanti ayah belikan rambutan dan apel
Amati gambar di bawah ini
Tulislah banyak sayur dan buah sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak sayur dan buah
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Diskusikan dengan temanmu
4, ….. , ….. , …..
Dayu membantu ibu menyusun alat makanan
Peralatan makan terdiri dari
Tulislah banyak alat makan sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak alat makan
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Lakukan secara mandiri dan teliti
1, ….. , ….. , …..
Ibu menyiapkan bumbu dapur
Bumbu dapur terdiri dari
Tulislah banyak bumbu dapur sesuai gambar
Buatlah baris bilangan sesuai banyak bumbu dapur
Susunlah dari bilangan yang kecil ke besar
Lakukan secara mandiri dan teliti
2, ….. , ….. , …..
Ayo Bermain Peran
Pada hari libur Dayu juga senang bermain
Setelah membantu memasak, Dayu akan bermain bersama teman-teman
Dayu minta izin kepada ibu
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan gerakan menirukan gerak kupu-kupu dengan benar.
2. Melalui contoh yang diberikan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan menari menirukan kupu-kupu dengan percaya diri.
3. Dengan melakukan gerakan berlari satu arah, siswa mampu mempraktikkan penggunaan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.
Materi Pembelajaran :
1. Menyimak cerita guru tentang kegiatan berkebun keluarga Siti. Dayu membantu kegiatan Siti.
2. Menceritakan pengalaman berkebun bersama keluarga.
3. Menyimak cerita guru tentang Siti dan Dayu yang sedang bermain menirukan gerakan kupu-kupu.
4. Melakukan gerakan menari menirukan gerakan kupu-kupu.
Ayo Mengamati
Dengarkan cerita gurumu
Dayu bermain ke rumah Siti
Siti sedang berada di kebun
Kebun Siti terletak di samping rumah
Ayah Siti membersihkan rumput
Ibu Siti memetik bunga
Siti sedang menyiram tanaman
Ada kupu-kupu di sekitar tanaman
Warnanya bagus sekali
Dengarkan cerita gurumu
Siti dan Dayu melihat kupu-kupu
Sayapnya warna-warni
Kupu-kupu terbang ke sana kemari
Sayapnya dikepakkan
Siti dan Dayu menirukan gerakan kupu-kupu
Mereka senang sekali
Ayo Membaca
Bacalah puisi dengan suara nyaring
Pantai
Byur byur byur
Suara ombak berdebur di pantai
Ombak bergulung gulung
Di pinggir pantai
Di pantai bermain pasir
Di pantai seru berenang
Aku suka pantai
Aku bermain bersuka hati
Ayo Menulis
Lengkapilah kalimat berdasarkan puisi di atas
Byur ………….. ………….
Suara ombak ………………..
Ombak …………………..
Di pinggir pantai
Di pantai …………………
Di pantai …………………
Aku suka ………..
Aku ……………………………….
Lengkapilah percakapan dengan kata tolong atau terima kasih
Keluarga bela mau berlibur di pantai
Ayah memasukkan barang ke ,obil
Ayah minta tolong pada hadi
Ayah : Hadi, ………… Ayah membawa barang ke mobil
Hadi : baik Ayah
Ayah : ……………… Hadi
Hari/Tanggal : Kamis, 24 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati dan melengkapi teks percakapan, siswa dapat menjelaskan pentingnya penggunaan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.
2. Dengan memeragakan percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
1. Menyimak cerita guru tentang kegiatan Lani belajar didampingi orang tua.
2. Menceritakan kegiatan belajar yang didampingi orang tua di rumah.
3. Melengkapi percakapan yang masih kosong dengan ungkapan tolong atau terima kasih.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring
Setiap sore Lani belajar di rumah
Lani belajar ditemani ayah dan ibu
Belajar bersama orang tua sangat menyenangkan
Ayo Mencoba
Amatilah percakapn di bawah ini
Isilah titik-titik dengan kata tolong atau terima kasih
Keika ayah sedang merapikan peralatan
Lani datang dan bercakap-cakap dengan Ayah
Ayo Berlatih
Lengkapilah gambar yang hilang pada pola di bawah ini
Kerjakan secara mandiri
Hari/Tanggal : Jumat, 25 Oktober 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati peragaan yang dilakukan guru, siswa mampu menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan orang tua di rumah dengan tepat.
2. Dengan melengkapi percakapan, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.
4. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan
Materi Pembelajaran:
1. Mengamati dan menceritakan gambar Udin dan keluarga sedang merapikan rumah.
2. Mengisi percakapan menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih berdasarkan gambar.
3. Memilih satu gambar kegiatan membantu orang tua di rumah dan menceritakannya.
4. Menceritakan kebiasaan minta izin sebelum bermain ke luar rumah yang biasa siswa lakukan.
MATERI
Ayo Belajar
Udin dan keluarga sedang merapikan rumah
Udin, kakak, dan ayah senang membantu ibu
Apakah kamu senang membantu ibu di rumah?
Apakah kamu senang membantu ayah di rumah?
Apa saja pekerjaan yang kamu lakukan?
Ayo Menulis
Beni, Edo dan Dayu senang membantu pekerjaa di rumah
Lengkapilah percakapan berikut dengan kata tolong atau terima kasih
Ayo Berlatih
Lengkapilah gambar yang hilang pada pola di halam berikut
Kerjakan secara mandiri dan teliti
Gunakan pensil warna atau krayon sesuai warna gambarnya
Buatlah pola bilangan dari gambar tersebut
Pola bilangan pada gambar kelereng merah
4, …. , …. , ….
Pola bilangan pada gambar kelereng biru
2, …. , …. , ….
Pola bilangan pada gambar kelereng hijau
3, …. , …. , ….
Cara mengamatinya bgmn ?
BalasHapus