Tema 6 sub 3 pembelajaran 6
Hari/Tanggal:14-02-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah.
Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang.
Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah.
Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah.
Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana.
Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.
Sampah pelastik Sampah kaleng Sampah kertas
Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat
disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah
sampah jenis.................................
Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak murid-murid mencari kartu
bergambar. Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut.
Kelompok yang paling cepat menjadi pemen
.
Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu
bergambar tersebut?
Ayo Menulis
Murid-murid menemukan perintah-perintah dalam mencari kartu bergambar.
Selanjutnya murid-murid harus menuliskan perintah-perintah tersebut.L
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah.
Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang.
Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah.
Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah.
Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana.
Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.
Sampah pelastik Sampah kaleng Sampah kertas
Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat
disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah
sampah jenis.................................
Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak murid-murid mencari kartu
bergambar. Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut.
Kelompok yang paling cepat menjadi pemen
.
Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu
bergambar tersebut?
Ayo Menulis
Murid-murid menemukan perintah-perintah dalam mencari kartu bergambar.
Selanjutnya murid-murid harus menuliskan perintah-perintah tersebut.L
Komentar
Posting Komentar