Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Gemar Membaca
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 2 Kegemaranku
Subtema 4 Gemar Membaca
Membaca adalah jendela dunia
Membaca membuat kita tahu banyak hal.apakah kamu suka membaca?
Bagaimana kamu belajar membaca?
Di mana saja kamu biasa membaca?
Apa yang biasa kamu baca?
Hari/Tanggal: Senin, 2 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan gambar posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan membaca dengan tepat
2. Dengan mempelajari cara duduk yang benar, siswa dapat mendemonstrasikan posisi duduk yang tepat saat melakukan kegiatan membaca dengan disiplin
3. Dengan bertanya jawab, siswa dapat informasi tentang bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga dengan benar
4. Dengan penuh percaya diri, siswa mampu menceritakan pengalaman membaca bersama anggota keluarga
5. Dengan mengenal bahan-bahan alami untuk membuat karya, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan membuat kartu kata dengan hiasan daun-daun kering dengan benar
6. Dengan arahan dari guru, siswa mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan (kartu kata motif bunga kering) dengan rapi
Materi Pembelajaran:
1. Mengamati gambar cara duduk untuk kegiatan membaca
2. Mempraktikkan cara duduk untuk kegiatan membaca
3. Membaca cerita dengan nyaring
4. Berdiskusi tentang kegemaran masing-masing anggota keluarga
5. Membuat kartu kata (flash card) dengan memanfaatkan bahan alam
MATERI
Ayo Membaca
Aku Suka Membaca
Siti dan Lani suka membaca
Mereka membaca di perpustakaan
Mereka juga meminjam buku di perpustakaan
Membaca sangat berguna
Membaca membuat Siti dan Lani pandai
Siti dan Lani rajin berlatih membaca
Ayo kita belajar membaca
Ayo Mengamati
Udin dan teman-teman belajar membaca
Mereka duduk dengan posisi yang benar
Mereka sudah menyiapkan buku bacaan
Perhatikan gambar Udin di bawah ini
Praktikan cara duduk seperti Udin
Lakukan selalu saat kalian membaca
Ayo Membaca
Bacalah dengan suara nyaring
Membaca Bersama Keluarga
Udin suka membaca
Udin membaca buku cerita
Ayah suka membaca, Ayah membaca koran
Ibu suka membaca, Ibu membaca majalah
Apakah kamu suka membaca?
Apakah ayahmu suka membaca?
Ceritakan apa bacaan kesukaan anggota keluargamu!
Ayo Berkreasi
Siti akan membuat kartu kata
Kartu kata dihias dengan daun kering
Hasilnya menjadi lebih indah
Kita harus mensyukuri keindahan
Buatlah kreasi kartumu!
Ayo Berkreasi
Yuk kita membuat kartu kata!
Alat dan bahan yang kamu butuhkan
1. Karton ukuran 15 cm x 10 cm
2. Gunting
3. Spidol
4. Lem
5. Hiasan: daun-daun kering
6. Gambar-gambar
Cara membuatnya:
1. Ukurlah karton sesuai ukuran yang ditentukan
2. Gunting karton yang telah kalian ukur
3. Tulislah kata pada karton
4. Tempelkan gambar di samping kata
5. Hiaslah pinggir kartu dengan daun kering
Bagaimana hasil kartu katamu? Indah bukan?
Hari/Tanggal: Selasa, 3 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan kegiatan persiapan membaca, siswa mampu menunjukkan gambar tentang jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan
2. Dengan berlatih setiap hari, siswa mampu mendemonstrasikan jarak membaca yang tepat antara mata dan objek bacaan dengan konsisten
Materi Pembelajaran:
1. Mengamati gambar cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
2. Mempraktikan cara mengatur jarak yang tepat antara mata dan obyek bacaan
3. Bermain kartu kata
MATERI
Ayo Mengamati
Edo sedang membaca buku
Buku itu bergambar sangat menarik
Ada gambar anak-anak sedang berolahraga
Ada yang melakukan gerak mendorong
Edo ingin menirukan gerak seperti pada gambar
Inilah gambar di buku Edo
Ayo Berlatih
Siti membaca buku cerita
Siti menjaga jarak antara mata dan buku bacaan
Siti berusaha menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata adalah bentuk syukur
Tunjukan gambar cara membaca yang benar dengan member tanda ceklis ( ) di bawah gambar!
Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman bermain mencari kartu kata
Kalian pun dapar mencoba memainkannya
Kartu kata diletakkan di seberang
Salah satu teman member aba-aba
Mulailah kalian berjalan mengambil kartu kata
Kemudian bacalah kartu yang kalian temukan
Ayo berlomba mengumpulkan sebanyak-banyaknya
Kalian harus membaca kata pada kartu dengan benar
Hari/Tanggal: Rabu, 4 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman dengan benar
2. Setelah menunjukkan gambar, siswa mampu mendemostrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka/membalik halaman saat membaca dengan baik
3. Dengan bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing anggota keluarga
4. Melalui diskusi, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota keluarga di rumah dengan percaya diri
Materi Pembelajaan:
1. Mengamati dan mempraktikkan cara memegang buku dan membalik halam dengan benar
2. Menunjukkan bacaan kegemaran anggota keluarga
3. Bercerita kegiatan membaca buku bersama
MATERI
Ayo Membaca
Namaku Buku
Hai, namaku buku
Aku berisi berbagai cerita dan ilmu
Ceritaku tertulis di halaman-halamanku
Aku senang jika kalian membacaku
Bukalah aku dengan perlahan
Letakkan aku di rak atau lemari buku
Sering-sering membaca aku, ya
Ayo Menulis
Lengkapilah kalimat berikut sesuai dengan isi cerita
Hai namaku
Ceritaku tertulis di
dengan perlahan
Letakkan aku di atau
Rawatlah buku dengan baik
Buka halaman dengan perlahan
Letakkan pada tempatnya jika selesai di baca
Ayo Mengamati
Lani senang membaca berbagai bacaan
Banyak bacaan yang lani baca
Lani membaca buku cerita
Lani membaca majalah
Lani juga membaca buku pelajaran
Bacaan mana yang paling kamu sukai?
Ayo Membaca
Susunlah huruf-huruf di bawah ini
1. m i k o k
……………….
2. r a n o k
.......................
3. h a l a j a m
……………………
4. u b u k t a r i c e
…………………………….
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan bertanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang buku dan cara membalik halaman dengan cara yang benar
2. Dengan kegiatan di luar kelas, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan dengan tepat
3. Dengan kegiatan menghias sampul buku harian, siswa mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagia-bagian tumbuhan dengan rapi
Materi Pembelajaran:
1. Mengamati dan mempraktikkan posisi cahaya saat membaca sebuah buku
2. Mengenal bagian-bagian buku
3. Membuat sampul buku harian dengan hiasan daun kering
MATERI
Ayo Berlatih
Jagalah jarak mata dan bacaan saat membaca
Menjaga jarak membuat mata kita sehat
Olahraga juga membuat badan sehat dan kuat
Perhatikan gambar berikut!
Berilah tanda ceklis posisi yang tepat dilakukan saat membaca
Ayo Mengamati
Siti dan lani mengamati sebuah buku cerita
Mereka kagum melihat gambar-gambar yang ada
Gambar-gambar pada buku disebut ilustrasi
Di dalam buku cerita selalu ada ilustrasi
Bacalah cerita dengan ilustrasi di bawah ini!
Ayo Berkreasi
Membaca buku harian sangat bermanfaat
Kita dapat mengetahui kegiatan yang telah dilakukan
Kita juga dapat menuliskan perasaan
Apakah kalian punya buku cerita harian?
Yuk, kita membuat buku harian
Hiaslah halaman depan buku harianmu
Tulis kegiatanmu dalam buku harian
Hari/Tanggal: 5 September 2019
Pmbelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan kegiatan Tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca dengan benar
2. Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat membaca dengan disiplin
Materi Pembelajaran: Mengurutkan gambar berseri
MATERI
Ayo Mengamati
Dayu membawa buku cerita ke sekolah
Lani dan Siti mengamati isi buku
Membuka halaman-halaman buku
Mengamati gambar-gambar di dalam buku
Mereka senang membaca buku cerita
Ayo Membaca
Bacalah dengan suara nyaring
Lakukanlah berulang-ulang
Buku Lembar
Judul Penulis
Gambar Halaman
Sampul
Ayo Mengamati
Tentukan bagian-bagian buku yang kamu miliki
Ceritakan hasilnya di depan kelas
Buku adalah sumber ilmu
Rajin membaca buku membuat ilmu bertambah
Membaca dilakukan dengan posisi duduk yang baik
Membaca sebaiknya di tempat yang terang
Agar mata sehat dan tidak mudah lelah.
Hari/Tanggal: Jumat, 6 September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan diskusi, siswa mampu member contoh posisi duduk saat membaca dengan tepat
2. Melalui contoh yang diberikan, siswa mampu mempraktikkan posisi duduk yang tepat saat membaca dengan mandiri
3. Dengan membaca teks cerita yang ada, siswa mampu menemukan kata-kata yang panjang ataupun pendek dengan penuh percaya diri
4. Dengan mendengarkan guru, siswa mampu menceritakan pengalamannya saat membaca bersama anggota keluarga dengan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1. Praktik kegiatan persiapan membaca dengan semua langkah dengan benar
2. Menceritakan pengalaman saat membacakan dongeng bersama anggota keluarga
MATERI
Ayo Mengamati
Siti semakin pandai membaca
Siti mengenal banyak kata
Kata terdiri dari suku kata
Hitunglah jumlah suku kata, kata-kata di bawah ini.
Bu – ku
Ba – bu
Se – ko – la
Se – be – lah
Pe – la – jar – an
Pe – la – tar – an
Kata-kata di atas memiliki bunyi hampir sama
Buku – Baku
Sekolah – Sebelah
Pelajaran – Pelataran
Ayo, berlatih membaca kata-kata dengan bunyi yang hampir sama
Ayo Membaca
Siti membaca buku cerita
Buku cerita berjudul Si Putih Tak Mau Belajar
Burung hantu membuka Sekolah untuk binatang di hutan
Mereka akan belajar Membaca
Burung hantu memang Guru yang baik
Ia mengajar para binatang dengan Sabar
Hanya Si Putih Kelinci yang tidak ikut
Ia lebih senang Bermain saja di hutan
Suatu hari Si Putih tersesat
Ia tidak dapat Membaca petunjuk arah pulang
Si Putih sedih karena tidak Belajar membaca.
Siapa yang menjadi guru di hutan?
Siapa yang tidak mau belajar membaca?
Mengapa Si Putih tersesat?
Kalian tentu ingin pandai membaca.
Membaca membuat kita tahu banyak hal.
Ayo Mengamati
Siti senang membaca cerita Si Putih
Siti mengelompokkan kata-kata
Kata-kata yang diberi warna hitam
Kemudian Siti mencari kata lain
Kata-kata yang hamper sama bunyinya
Yuk, kita bantu Siti!
Kelompokkan kata-kata yang diberi warna hitam tebal.
Hitunglah banyak suku katanya.
Ayo Mencoba
Siti menceritakan pengalamannya
Pengalaman membaca bersama ayah
Siti dan ayah membaca cerita binatang
Ceritakan juga pengalamanmu
Siapa yang menemanimu membaca?
Kebersamaan dalam keluarga merupakan anugerah
Kita harus mensyukurinya.
Komentar
Posting Komentar