Tema 6 pembeljaran 1



Rabu 29 januari 2020

Tema 6 Lingkungan bersih, sehat, dan asri subtema 1 lingkungan rumahku

Bahan  Ajar Dan Materi Pembelajaran

Tema 6 Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri

Sub 1 Lingkungan Rumahku


Rumah adalah tempat kita tinggal.

Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.

Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.

Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus

dilakukan.

Kasih sayang di lingkungan rumah harus

dipelihara.

Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.

Rumah yang bersih membuat kita terhindar dari

penyakit.

Rumah yang sehat membuat kita betah di

dalamnya.

Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,

dan nyaman.
















Hari/Tanggal : 28-01-2020

Pembelajaran 1


Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu

menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.

2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan

petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.

3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan

menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan

rumah.

4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah

yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.

5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu

mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.

6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu

mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.

Materi Pembelajaran

• Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah

• Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah

• Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema



Ayo Mengamati


Beri  tanda (√) pada kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.

1. Setiap hari ibu membersihkan rumah.

2. Cucilah tangan dengan sabun.

3. Ayah membuang sampah di tempatnya.

4. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.

5. Gunakan cairan pembersih lantai saat mengepel


Amati gambar berikut ini dan bandingkan.

Rumah manakah yang lebih nyaman untuk

ditinggali?







                        A                            B




Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Menurutmu apa yang menyebabkan keadaan rumah pada kedua gambar itu berbeda?

.....................................................................................

2. Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah pada gambar A menjadi bersih?

.....................................................................................

3. Apa kewajiban kita agar kebersihan rumah terjaga?

.....................................................................................

Rumah tempat kita berkumpul bersama keluarga.Rumah yang bersih membuat kita merasa nyaman.

Kebersihan rumah tanggung jawab semua anggota keluarga.

Saat di rumah kita harus mengikuti aturan rumah.

Jika aturan dilanggar suasana rumah jadi tidak nyaman.

         



Simaklah lagu berikut ini

Nyanyikan bersama teman-temanmu                                                                                           

     

      Si Nyamuk Nakal

                                                                     Pencipta lagu: Papa T. Bob

Banyak nyamuk di rumahku

Gara-gara aku malas bersih-bersih

Banyak semut di rumahku

Gara-gara aku malas bersih-bersih

Banyak tikus di rumahmu

Gara-gara kamu malas bersih-bersih

Banyak lalat di rumahmu

Gara-gara kamu malas bersih-bersih

Nyamuk-nyamuk nakal

Semut-semut nakal

Sukanya menggoda aku

Tikus-tikus nakal

Lalat-lalat nakal

Sukanya membikin kotor











 Hari/Tanggal:Rabu/29-1-2020


Pembelajaran 2

Tujuan Pembelajaran

1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.

2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.

         

Materi Pembelajaran

• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar

Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan


.                                                                                                                                





Hari/Tanggal :Rabu/29-01-2020

Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran

1. Melalui diskusi siswa mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah   agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.

2. Melalui kerja kelompok siswa mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.

3. Melalui penjelasan guru siswa mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.

4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.

5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru siswa mampu mengidentifikasi masalah hari-hari yang melibatkan proses .

6. Dengan mengkaji cara mengurangkan dua bilangan, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.


Materi Pembelajaran


·         Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas

·         Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan   

            dengan lingkungan rumah yang ditentukan

·         Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar di bawah ini






                                                                                                                                 







Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.

Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.

Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk


Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.

Contoh:


Tempatnya -  pada -  buanglah –sampah


Susunan kalimat yang benar adalah:


Buangkah sampah pada tempatnya












Hari/Tanggal:Kamis/30-1-2020

Pembelajaran 4

1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk

2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.

3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi

4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.


Mateari Pembelajaran:

• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai

• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana

• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis


Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.

Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi

kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik


Ayo Mencoba

 



Ayo M



Ayo Berlatih


Nah, sekarang cobalah membuat kalimat

tanggapan dari petunjuk berikut ini.

1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah

Tanggapan: ……………………………………………..

2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.

Tanggapan: ……………………………………………….

3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.

Tanggapan: ……………………………………………….

4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.

Tanggapan: ……………………………………………….

5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet

pembersih kaca.

Tanggapan: ……………………………………………….


Hari/Tanggal:Jumat/31-1-2020

Pembelajaran 5


Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosiodrama dengan tepat.

2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat

3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.

4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.


Materi Pembelajaran


·         Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk

·         Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam





Merapikan Rumah

Minggu lalu Siti dan orang tuanya menanam bibit cabai.

Mereka menanam di halaman rumah.

Hari ini bibit tersebut sudah tumbuh.

Mereka senang sekali melihat bibit cabai yang tumbuh.

Meskipun ada bibit cabai yang tidak tumbuh.

Simaklah percakapan mereka.

Siti : Ayah, Ibu, lihatlah. Bibit cabai kita sudah tumbuh.

Ibu : Oh, iya benar. Tapi tidak semuanya tumbuh ya.

Ayah : Berarti ada bibit yang kurang baik

Siti : Sayang ya, Yah.

Ayah : Tidak apa-apa. Sekarang bibit yang hidup harus kita rawat dengan baik.

Siti : Bagaimana cara merawatnya, Ayah?

Ayah : Sirami secara teratur pagi dan sore hari.

Siti : Baik, Ayah. Lalu apa lagi?

Ibu : Jangan lupa diberi pupuk secukupnya, Nak.

Siti : Baik, Bu. Aku akan berusaha mengingatnya.

           

              Perhatikan teks percakapan tersebut.

Tunjukkan kalimat ungkapan petunjuknya.

             Tunjukkan pula kalimat tanggapannya.

Bersama temanmu perankan percakapan di atas.




Siti merasa senang ikut merawat tanaman.

Sambil merawat tanaman cabai, Siti belaja menghitung.

Pada awalnya Siti menabur 28 bibit cabai. Tetapi 12 bibit capai tidak tumbuh.

Berapakah bibit cabai yang tumbuh?

Beginilah cara Siti menghitungnya.









Hari/Tangan:jum'at/31-1-2020

Pembelajaran 6

 Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui penjelasan dan contoh guru, siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk dengan tepat.

2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.

3. Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi aturan-aturan menjaga kebersihan di rumah.

4. Melalui simulasi/pantomim sederhana, siswa mampu memeragakan kegiatan menjaga kebersihan di rumah.

5. Dengan memaknai kalimat pada soal cerita sederhana siswa dapat menjelaskan cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.

6. Dengan mengamati prosedur penyelesaian soal, siswa dapamenyelesaikan soal cerita sederhana terkait pengurangan dua bilanga(21-40) dengan benar


Materi Pembelajaran


Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga

kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri

• Memeragakan kegiatan di rumah yanberkaitan dengan aturan menjaga

kebersihan

• Menyelesaikan masalah sehari-hari yanmelibatkan pengurangan bilangan 21-40

tanpa teknik meminjam




- Januari 28, 2020 Tidak ada komentar:

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Senin, 27 Januari 2020

Tema 5 subtema 4 pembelajaran 5&6

Hari/Tanggal : Senin/27 Januari 2020

Pembelajaran 5&6


Pembelajaran 5

Tujuan Pembelajaran:

·         Melalui kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.

·         Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.

·         Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.

·         Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.



Materi Pembelajaran :

 • Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama

• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40





Ayo Bernyanyi

Malam ini langit cerah.

Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.

Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.

Mereka menikmati suasana malam.

Jagung dibakar sebagai kudapan.

Menambah kesan pengalaman melihat bintang.

Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.

Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.



Ayo Berlatih

Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.

Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.

Lakukan sesuai contoh.












Pembelajaran 6

Tujuan Pembelajaran :

·         Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema 4 Keluargaku Subtema 1 Anggota Keluarga

LATIHAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG

Tema 4 Keluargaku Subtema 3 Keluarga Besarku